Anggota Ombudsman Republik Indonesia (RI) meninjau pelayanan publik di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo, Kamis.

Anggota Ombudsman RI, Johanes Widijantoro mengatakan sudah menjadi bagian dari tugas untuk menjalin relasi dengan pihak yang menjadi objek pengawasan.

Ia menjelaskan, kedatangan nya bersama anggota Ombudsman RI lainnya, yaitu Jemlsy Hutabarat untuk melihat pelayanan terhadap warga binaan Lapas Gorontalo.

"Sejauh yang kami lihat, lumayan baik pelayanan yang diberikan mulai dari dapur hingga pembinaan," ucap dia.

Meskipun kata Johanes masih terjadi kelebihan kapasitas warga binaan yang berada di Lapas Gorontalo, namun tidak kelebihan seperti Lapas yang lain.

"Pelayanan bagi keluarga juga sudah kita lihat, ketika mereka mengunjungi tidak ada masalah, pelayanan cukup baik dan saya kira ini yang musti terus ditingkatkan," ujar Johanes.

Ia meminta agar Lapas Gorontalo terus mendapatkan perhatian lebih dari Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham Gorontalo.

Selanjutnya, anggota Ombudsman RI, yaitu Jemlsy Hutabarat mengatakan kunjungan ke Gorontalo dilakukan dalam rangka pengawasan pelayanan publik.

"Lapas ini adalah pelayanan publik, bukan menghukum, makanya namanya Lembaga Pemasyarakatan," ucap dia.

Sehingga kata dia, bagaimana warga binaan di dalam Lapas dilayani sesuai dengan standar pelayanan di Undang-Undang Nomor 25 tahun 2009.

"Kita coba cek satu satu, dari makanan apakah sesuai dengan apa yang telah dibuat dalam ketentuan dalam Kementerian, yang kedua bagaimana masuknya ke sini," kata dia.

Selanjutnya adalah pembinaan, menurutnya pembinaan warga binaan di dalam Lapas Gorontalo berkontribusi kepada masyarakat, seperti pembuatan batako dan kerajinan tangan.

"Keterampilan itu diberikan kepada warga binaan agar ketika keluar dari sini bisa digunakan," ungkap Jemlsy.
Anggota Ombudsman Republik Indonesia (RI) Jemsly Hutabarat (kanan) berbincang dengan Warga Binaan Pemasyarakatan

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022