Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Wali Kota Gorontalo Marten Taha mengatakan bahwa peran pers sekarang, sangat besar bagi kemajuan pembangunan di Provinsi Gorontalo.

"Gorontalo merupakan salah satu daerah pemekaran, namun perkembangan pembangunan tidak diragukan lagi, ini merupakan salah satu dari peran aktif insan pers di daerah ini," kata Marten, Rabu.

Wakil Ketua Dewan Kota (Dekot) Gorontalo Erman Lajengke mengatakan bahwa peran pers di era keterbukaan sekarang ini sangat besar, terutama untuk memberikan informasi kepada publik, baik itu berita pembangunan maupun sosial kontrol.

Menurut dia, salah satu yang menghubungkan antara pemerintah dan masyarakat adalah pers, kejadian yang terjadi di kalangan bawah akan diketahui pemerintah maupun legislatif, banyak sekali karena informasi dari pers.

Begitu perkembangan pembangunan, sosialisasi program maupun adanya kebijakan pemerintah maupun kinerja anggota dewan, akan diketahui publik karena berkat informasi dari pers.

"Kita harus mengakui bahwa peran pers sangat besar bagi perkembangan pembangunan di Gorontalo pada umumnnya dan lebih khusus Kota Gorontalo," kata Erman.

Dia mengharapkan pada Hari Pers Nasional tahun 2016 ini, peran pers sebagai mitra pemerintah harus benar-benar dilaksanakan sesuai dengan kode etik jurnalis, agar nantinya mampu menjadi pencerahan dalam mengatasi segala permasalahan.

"Pejabat jangan alergi terhadap insan pers, begitu juga wartawan dalam memberitakan sesuatu harus sesuai dengan kaidah jurnalistik," kata Erman.

Effendi Mohamad salah seorang aktivis di Kota Gorontalo mengatakan, dalam perkembangannya sekarang ini, masih banyak insan pers yang dalam kinerjanya kadang menyalahi kode etik jurnalis.

"Momentum hari pers nasional harus dijadikan oleh kalangan wartawan dan pekerja pers, untuk lebih meningkatkan profesionalnya," kata Efendi.

Pewarta: M.F. Said

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2016