Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, AKBP Juprisan Pratama Ramadhan Nasution, mengampanyekan penyelamatan terumbu karang di wilayah perairan tersebut.

"Daerah ini memiliki garis pantai terpanjang mencapai 317 kilometer. Juga merupakan satu-satunya kabupaten yang berada di wilayah utara Provinsi Gorontalo dengan kekayaan destinasi wisata bahari yang dimiliki," katanya di Gorontalo, Selasa.

Penyelamatan terumbu karang pun menjadi perhatian khusus pihak Polres Gorontalo Utara. Mengingat ada dua penyebab terumbu karang di perairan tersebut mengalami kerusakan parah.

Yaitu akibat ancaman bintang laut berduri (crown of thorn) yang banyak menempel di terumbu karang.

Juga aktivitas pemboman ikan yang dilakukan oknum-oknum tak bertanggung jawab, sehingga berdampak pada kerusakan terumbu karang.

Pihaknya katanya, bersama pelaku usaha pariwisata dan pemerhati lingkungan, akan melakukan kampanye penyelamatan terumbu karang dengan cara melakukan pembersihan massal.

Rencananya, pada Jumat (13/1) pagi mulai pukul 06.00 WITA, tim Polres Gorontalo Utara dengan pihak terkait, akan melakukan penyelaman di seputar pantai Pulau Saronde.

"Kami akan mengangkat bintang laut berduri yang banyak menempel di karang, kemudian membawa ke darat untuk dibakar. Mengingat biota berbahaya yang merusak terumbu karang itu, hanya akan musnah dengan cara dibakar," katanya.

Pihaknya berharap, kampanye itu dapat efektif dalam upaya menyelamatkan terumbu karang yang dimiliki.

Serta dapat diikuti oleh organisasi lainnya, dalam upaya melakukan penyelamatan ekosistem bawah laut yang menjadi sumber kekayaan daerah, khususnya di sektor pariwisata.

Untuk pelaku pemboman, saat ini kata Juprisan, pihaknya telah mengajukan permohonan ke Kepolisian Daerah (Polda) Gorontalo, agar dibentuk Satuan Polisi Air (Polair) di bawah naungan langsung Polres Gorontalo Utara.

Hal itu diharapkan akan memudahkan operasi tangkap tangan para oknum pelaku pemboman ikan yang marak di perairan tersebut.

Ia berharap, upaya itu dapat segera terwujud. Sehingga operasi pengamanan wilayah perairan tersebut dapat berlangsung efektif dan intensif.

 

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023