Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga Kabupaten Boalemo di Provinsi Gorontalo melakukan pemetaan untuk memenuhi kebutuhan guru di wilayahnya.

Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga Kabupaten Boalemo Irwan Dai di Gorontalo, Selasa, mengatakan bahwa dinas akan memetakan kebutuhan guru di setiap satuan pendidikan, mulai dari pendidikan anak usia dini (PAUD) hingga sekolah menengah pertama (SMP).

Selanjutnya, ia mengatakan, dinas akan menempatkan guru berdasarkan hasil pemetaan kebutuhan guru di setiap satuan pendidikan.

Menurut data pemerintah daerah, ada 2.218 guru berstatus aparatur sipil negara (ASN) serta 1.520 guru honorer yang direkrut pada tahun anggaran 2022 di Kabupaten Boalemo.

Irwan mengatakan bahwa pemerintah daerah pada 2023 diberi kesempatan untuk melakukan perekrutan guru pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (P3K). Selain itu, pemerintah daerah berpeluang mendapat tambahan guru berstatus ASN.

"Namun, kalau pemenuhan (kebutuhan) guru belum tercapai maka peluang merekrut guru honorer akan dimanfaatkan," kata Irwan.

Selain itu, dia mengingatkan para guru untuk menjalankan tugas dan tanggung jawab dengan baik.

"Hindari meninggalkan kelas saat kegiatan belajar mengajar berlangsung," katanya, menambahkan, "Saya berharap, tidak ada guru yang meninggalkan kelas karena urusan pribadi." 

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023