Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan, Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham Provinsi Gorontalo mencanangkan pembangunan Zona Integritas (ZI) di Balai Pemasyarakatan (Bapas) Gorontalo.

Kepala Kanwil Kemenkumham Provinsi Gorontalo, Heni Susila Wardoyo, Sabtu,  mengatakan kegiatan itu dirangkaikan dengan penandatanganan pakta integritas kinerja tahun 2023 di tingkat UPT Pemasyarakatan.

"Saya minta komitmen ini bukan hanya sekadar ditandatangani, melainkan harus segera diimplementasikan dalam perjalanan kita berkinerja sepanjang tahun 2023 ini," ucap Heni.

Tantangan dan hambatan akan selalu ada kata dia, bisa saja besar dan bisa juga kecil. Tetapi adanya tantangan dan hambatan janganlah menjadi kendala dalam mewujudkan kepemerintahan yang efektif dan efisien.

"Jadikan tantangan dan hambatan menjadi peluang untuk berbuat yang terbaik dengan mengerahkan kemampuan dan daya upaya yang kita miliki. Sikap, mental, dan perilaku kita akan menentukan keberhasilan kita dalam mengatasi hambatan dan tantangan yang ada," tegas nya. 

Heni berharap, semua pimpinan baik Kepala UPT maupun pejabat struktural agar menjadi contoh yang baik bagi seluruh stafnya.

Komitmen bersama dalam meraih WBK/WBBM menurut Kakanwil penting bagi Kementerian Hukum dan Ham, karena adanya WBK dan WBBM adalah salah satu bukti bahwa jajaran Pemasyarakatan berkomitmen untuk berkinerja lebih baik, lebih efektif, dan lebih efisien untuk mewujudkan reformasi birokrasi. 

"Perlu saya sampaikan bahwa baru-baru ini Menteri PANRB meluncurkan reformasi birokrasi tematik," kata Kakanwil.  

Melalui RB Tematik itu, Kementerian diharapkan dapat lebih fokus untuk dapat menyelesaikan permasalahan tata kelola kinerja sehingga manfaatnya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat dan mempercepat penyelesaian masalah utama di masyarakat. 

"RB tematik berfokus pada empat hal yakni penanggulangan kemiskinan, kemudahan investasi, digitalisasi administrasi, dan prioritas aktual presiden," jelas nya.

Ia memerintahkan kepada seluruh jajaran untuk menindaklanjuti hal tersebut dan segera menyusun langkah strategis, membuat berbagai macam inovasi agar WBK/WBBM dapat diraih oleh satuan kerja Pemasyarakatan wilayah Gorontalo.
 

Kepala Kanwil Kemenkumham Provinsi Gorontalo, Heni Susila Wardoyo bersama para Kepala Divisi dan Kepala PUT Pemasyarakatan berfoto bersama pada pencanangan pembangunan Zona Integritas (ZI) di Balai Pemasyarakatan (Bapas) Gorontalo, Jumat (27/1/2023). ANTARA/Adiwinata Solihin

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023