Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, mengajak masyarakat berperan serta  dalam upaya mencegah kerusakan lingkungan yang dari waktu ke waktu mengalami degradasi. 

Anggota Komisi II DPRD Gorontalo Utara Gustam Ismail di Gorontalo, Jumat, mengatakan setiap warga memiliki peran memberikan edukasi tentang mencegah kerusakan lingkungan, mulai dari lingkungan keluarga, masyarakat luas serta diri sendiri.

Seperti mengajak menanam bibit pohon, bahkan yang paling ringan dan mudah, misalnya kata Gustam, saat makan buah, bijinya di lempar saja di halaman kosong atau di tepi jalan dengan harapan, dari biji tersebut akan tumbuh bibit pohon kemudian menjadi besar dan menjelma jadi paru-paru hijau.

"Sangat mudah dan praktis. Ini adalah upaya, apalagi di musim hujan, tentu setiap yang kita tanam akan mudah tumbuh," katanya.

Perhatian terhadap kelestarian lingkungan pun kata Gustam, diharapkan dilakukan di wilayah sumber air, seperti tepi sungai, daerah aliran sungai atau di sumber-sumber air yang ada di setiap desa.

Sebab dengan menjaga kelestarian kawasan sungai, berarti ikut serta menjaga dan menyelamatkan lingkungan dari ancaman kerusakan.

Apalagi saat ini, kata anggota Badan Anggaran DPRD tersebut, curah hujan sedang tinggi, tentu ancaman bencana banjir dan tanah longsor bahkan abrasi sungai, sangat potensial terjadi kapan saja.

Oleh karena itu, faktor-faktor penyebab kerusakan lingkungan harus dapat dicegah dini.

DPRD berharap kata dia, peran masyarakat untuk bersama-sama mencegah kerusakan lingkungan melalui gerakan gemar menanam pohon, dapat dilakukan secara berkelanjutan.

Sekretaris Daerah (Sekda) Gorontalo Utara, Suleman Lakoro, mengatakan, pemerintah daerah terus berupaya menyiapkan bibit pohon gratis.

Harapannya, dapat mengajak masyarakat untuk memanfaatkan lahan pekarangan, lahan tidur maupun lahan produktif untuk menanam pohon tahunan.

Melalui Dinas Lingkungan Hidup, program penyiapan bibit pohon diharapkan tepat dan cepat dalam mengatasi atau mencegah kerusakan lingkungan di daerah ini.

"Kita menyiapkan bibit pohon melalui program penghijauan di Dinas Lingkungan Hidup, maupun bekerja sama dengan instansi terkait di tingkat provinsi dan pusat, untuk pengadaan bibit pohon sebagai upaya pelestarian lingkungan di daerah ini," imbuhnya.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023