Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Gorontalo menyisir wilayah pelosok untuk mengumandangkan pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak Tahun 2024.

"Kita sudah menyasar wilayah pelosok, seperti Kecamatan Taluditi. Segmen-segmen ini akan terus dijelajahi untuk mengumandangkan pelaksanaan tahapan pemilu. Termasuk Kecamatan Sumalata, di Kabupaten Gorontalo Utara dan Kecamatan Pinogu Kabupaten Bone Bolango, serta menyisir daerah-daerah pinggiran lain di Gorontalo," kata Ketua KPU Provinsi Gorontalo Fadlyanto Koem, di Gorontalo, Rabu.

Ia mengatakan peluncuran Kirab Pemilu Tahun 2024 yang telah dilakukan menjadi salah satu dorongan motivasi yang kuat bagi seluruh insan KPU di daerah dalam menggetarkan integrasi bangsa agar semakin kuat dalam mendukung pelaksanaan pemilu serentak nasional.

Mengingat pemilu 2024, katanya, merupakan bagian dari integrasi bangsa.

Oleh karena itu, seluruh warga hingga di pelosok pun, perlu mengetahui dan memahami dengan jelas tentang pelaksanaan seluruh tahapan pemilu.

"Kita sebarkan luas bahwa pemilu yang di dalamnya terdapat kepentingan-kepentingan pemilihan presiden dan wakil presiden, gubernur, wali kota dan bupati, merupakan sarana integrasi bangsa bukan sarana terjadinya perpecahan. Sebab secara keseluruhan kita memiliki kepentingan yang sama untuk masa depan bangsa," ucapnya.

Khusus di Provinsi Gorontalo, kesiapan sumber daya manusia (SDM) penyelenggara pemilu telah rampung hingga Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) di enam kabupaten dan kota.

Termasuk Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) sebagai garda terdepan. "Meski ruang waktu kerja mereka hanya dua bulan, namun pantarlih menjadi garda yang membuka jalan proses pemutakhiran data pemilih," katanya.

Maka optimisme pelaksanaan seluruh tahapan akan berjalan sesuai target yang direncanakan dalam menyukseskan pemilu serentak 2024 khususnya di Provinsi Gorontalo, diharapkan tercapai mulus tanpa hambatan.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023