Bupati Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, Thariq Modanggu, meresmikan stadion catur pertama di Provinsi Gorontalo, berlokasi di Taman Rakyat Molingkapoto, Kecamatan Kwandang, atau depan kantor bupati setempat.

"Saya sebut ini sebagai salah satu stadion catur unik di dunia serta layak dicatat dalam rekor MURI," kata Bupati Thariq, di Gorontalo, Sabtu.

Ia hadir pada doa bersama merayakan lebaran ketupat Idul Fitri 1444 Hijriah/2023 yang digelar secara tradisional di Masjid Al Muqarabbin Desa Tombulilato, Kecamatan Atinggola.

Stadion catur pertama di Gorontalo ini, dikerjakan dengan anggaran bersumber dari pihak sponsor. "Kami akan segera menghubungi pihak Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) dan pihak MURI, untuk pencapaian stadion ini sebagai fasilitas papan catur pertama berukuran raksasa," katanya.

Keberadaan stadion catur, begitu Thariq menyebut keberadaan fasilitas tersebut, diyakini tidak hanya menarik minat para pecatur lokal dan Nusantara, juga sebagai daya tarik pariwisata di Gorontalo. Mengingat papan catur ini berada di lintas Sulawesi yang mudah diakses publik.

Stadion catur ini pun dipastikan siap menyambut para pecinta catur maupun pengunjung taman rakyat. "Semoga dengan adanya stadion catur ini, dapat menjadi tempat rekreasi bagi publik, khususnya bagi para pecinta catur menyalurkan hobi," katanya.***

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023