Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, Deisy Sandra Maryana Datau mengatakan Kirab Pemilu oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) menjadi salah satu sarana terdekat dalam mengoptimalkan edukasi tentang pemilu kepada publik.

"DPRD mengapresiasi Kirab Pemilu oleh KPU RI. Ini merupakan bagian dari upaya dan kerja keras mewujudkan pemilu berkualitas dan berintegritas dari tingkat pusat hingga daerah pelosok," kata Deisy, di Gorontalo, Senin.

Kirab Pemilu kata dia, sebagai jembatan bagi partai politik dalam menyosialisasikan keikutsertaan dalam pemilihan umum. Masyarakat pun dapat dengan mudah mengenal partai politik, melalui alat peraga atau bendera partai yang di arak di setiap wilayah.

"Tentu dari daratan hingga kepulauan, dari pusat ibu kota kabupaten hingga pelosok perbatasan khususnya di daerah ini," kata anggota Fraksi PDI Perjuangan di DPRD Gorontalo Utara ini.

Ia meyakini melalui kirab tersebut, seluruh bendera partai politik peserta pemilu yang di arak, sangat memudahkan masyarakat mengenal partai politik peserta pemilu.

"Lebih mudah masyarakat dapat mengenal lebih dekat, mencari tahu, lalu kemudian menjatuhkan pilihan," katanya.

Peran partai politik pun sangat diharapkan untuk ikut menyosialisasikan tentang pemilu, khususnya tentang upaya bersama mewujudkan pemilihan umum yang berintegritas dan berkualitas.

DPRD kata Deisy, memberikan dukungan terhadap kinerja seluruh penyelenggara pemilu, yaitu KPU dalam memberikan pelayanan terbaik. Juga kepada Bawaslu dalam mengedepankan pengawasan optimal demi suksesnya seluruh tahapan pemilu hingga hari pemungutan suara pada 14 Februari 2024.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023