Satuan Radar (Satradar) 224 Kwandang, Gorontalo Utara, melakukan penanaman mangrove di Pantai Anggrek Desa Ilodulunga, Kecamatan Anggrek.

"Kami bersama seluruh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) lainnya di daerah ini, ikut menanam mangrove dalam kegiatan Penanaman Mangrove Nasional Tahun 2023," kata Komandan Satuan Radar 224 Kwandang, Mayor Lek Janner H. Silalahi, di Gorontalo, Senin.

Kegiatan itu merupakan puncak kick off Penanaman Mangrove Nasional oleh jajaran TNI Tahun 2023 di Provinsi Gorontalo.

"Ini digelar serentak di Desa Ilodulunga Kecamatan Anggrek," katanya. Kegiatan yang dipimpin langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, melalui video conference.

Khusus di kabupaten ini, kata Janner, pihaknya sangat konsisten dalam melakukan kegiatan penanaman mangrove di pesisir pantai, khususnya di Kecamatan Anggrek.

"Kami bergerak bersama berbagai pihak. Baik Polres maupun TNI Angkatan Darat dan Angkatan Laut, juga pihak Kejaksaan, serta melibatkan sekolah dan pemerintah daerah," katanya.

Sesuai amanat Presiden RI, penanaman mangrove sangat penting bagi ekosistem pantai, antara lain untuk mencegah abrasi (pengikisan daratan) di pesisir pantai dan intrusi (perembesan) air laut ke tanah daratan, sebagai penyangga dan penyaring alami limbah organik. Serta tempat hidup dan sumber makanan bagi berbagai jenis ikan dan satwa lainnya. Juga sebagai tanaman/vegetasi yang dapat membantu ekonomi para nelayan pantai. Bahkan jika dikelola secara profesional, mangrove dapat dijadikan sebagai tempat wisata dan media pembelajaran, pendidikan serta penelitian.

"Kita berkomitmen melaksanakan program ini secara bersama di pesisir Gorontalo Utara," katanya.

Pada pelaksanaan penanaman Mangrove Nasional Tahun 2023, Satrad 224 Kwandang berpartisipasi bekerja sama dengan Korem 133/NWB dan Kodim 1314/Gorontalo Utara serta pihak terkait untuk melaksanakan penanaman di wilayah Kabupaten Gorontalo Utara.

Total 3 ribu bibit telah ditanam dengan luas lahan mencapai 20 ribu meter persegi, yang dimulai sejak 18 Februari 2023 hingga 15 Mei 2023.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Kasrem 133/Nani Wartabone beserta pejabat lainnya, Pejabat Polda Gorontalo, Kepala Binda Gorontalo, Danbrigif 22/Otamanasa, Dandim 1314/ Gorontalo Utara, Dandim 1315/Kabupaten Gorontalo, Danlanal Gorontalo, Kapolres Gorontalo Utara, Sekda Gorontalo Utara, Kajari Gorontalo Utara, pelajar se Gorontalo Utara, serta masyarakat Desa Ilodulunga.***
Program Penanaman Mangrove Nasional secara serentak, berlangsung di pesisir Pantai Anggrek, Desa Ilodulunga, Kecamatan Anggrek, Gorontalo Utara. (ANTARA/HO-Satradar)

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023