Sebanyak lima pejabat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, mengikuti pelatihan "Digital Leadership Academy" (DLA) dengan mengusung Tema "Smart Digital Leader Gorontalo Beradat" untuk meningkatkan kapasitas pemimpin.

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Bone Bolango Misnawaty Wantogia di Gorontalo, Kamis, mengatakan "Digital Leadership Academy" bertujuan untuk meningkatkan kapasitas para pemimpin di daerah ini.

"Dengan adanya pelatihan ini diharapkan para peserta mampu mengubah pola pikir organisasi, mendorong adanya persamaan persepsi untuk berkolaborasi secara makro, dan mewujudkan sinergi lintas sektor di daerah maupun pusat," ucap Misnawaty.

Kepemimpinan digital, kata dia, merupakan salah satu kunci keberhasilan transformasi digital nasional, mengingat para pemimpin semakin dituntut untuk memiliki pengambilan keputusan yang tangkas dan relevan dengan perkembangan era digital.

Lima pejabat yang mengikuti pelatihan, yaitu Kepala Bappeda Litbang Bone Bolango Basir Noho, Kepala Dinas Kominfo Bone Bolango Misnawaty Wantogia, Kepala Dinas Sosial P3KB Bone Bolango Lukman A. Daud, Kepala Dinas Tenaga Kerja, Koperasi, dan UMKM Bone Bolango Roswaty Agus, dan Kepala Badan Keuangan dan Pendapatan Daerah Bone Bolango Iwan Mustapa.

Sebelumnya, Penjabat Gubernur Gorontalo Ismail Pakaya mengatakan kegiatan tersebut merupakan pelatihan kedua yang dilaksanakan Kementerian Kominfo RI pada tahun 2023.

Ia berharap akan ada kegiatan lain yang bisa dilaksanakan di Provinsi Gorontalo.

Ismail mengungkapkan "digital leadership" sudah sering didengar, bahkan pernah diperoleh para pejabat namun tidak mudah untuk diterapkan.

"Kriteria pemimpin di era digital itu, pertama mampu berkomunikasi dan kedua mempunyai pemikiran yang terbuka dan tanggap akan perubahan," ungkap Ismail.

Ismail menambahkan dari kriteria yang telah diuraikan tersebut ada yang sudah dimiliki para pejabat dan ada pula yang belum.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023