Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) tematik infrastruktur Universitas Negeri Gorontalo (UNG) membentuk kelompok pemeliharaan dan pemanfaatan (KKP) di kawasan permukiman Desa Torosiaje Kecamatan Popayato Kabupaten Pohuwato.

"Mereka juga melakukan fokus grup diskusi Identifikasi Masalah dan Analisis Potensi (IMAP), serta memaparkan hasil survei yang dilaksanakan selama tujuh hari di permukiman atas laut yang dihuni oleh Suku Bajau. Tujuannya untuk mengidentifikasi permasalahan khususnya terkait dengan infrastruktur permukiman," kata akademisi UNG juga dosen pembimbing lapangan Sri Sutarni Arifin di Gorontalo, Jumat.

Kelompok yang dibentuk itu, bertanggung jawab terhadap pemeliharaan dan pemanfaatan infrastruktur yang ada di kawasan permukiman seperti sarana air bersih, tempat sampah, sistem pengelolaan sampah pada kawasan permukiman, dermaga, jembatan dan infrastruktur lainnya.

Kelompok yang terbentuk terdiri atas perwakilan dari seluruh elemen masyarakat yang hadir pada kegiatan fokus grup diskusi tersebut.

KPP yang terpilih selanjutnya disahkan dan dibuatkan Surat Keputusan (SK) oleh Kepala Desa Torosiaje.

Selanjutnya dilakukan pelatihan pengelolaan sampah organik melalui pembuatan komposer dan pengelolaan sampah anorganik melalui pembuatan ecobrick yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai pagar pembatas, sofa, ataupun partisi/pembatas ruang.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas kelompok yang nantinya akan mendampingi dan melatih setiap rumah tangga dalam memilah dan mengolah sampah.

Kegiatan juga dilanjutkan dengan penyusunan program inovatif untuk mengatasi permasalahan infrastruktur permukiman, khususnya terkait dengan infrastruktur persampahan yang ada di Desa Torosiaje.

"Nantinya program ini akan disinkronkan dengan perencanaan desa  agar bisa ditentukan program apa saja yang bisa didukung oleh pemerintah desa, pemerintah kabupaten maupun pemerintah provinsi, tambahnya.

Kepala Desa Torosiaje Uten Sairullah, menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Universitas Negeri Gorontalo atas pelaksanaan KKN infrastruktur ini.

Menurut Uten pelaksanaan KKN kali ini sangat membantu pemerintah desa dalam menyelesaikan permasalahan permukiman yang ada di Desa Torosiaje, termasuk dalam penyediaan peta desa yang telah disusun oleh mahasiswa KKN Tematik Infrastruktur.***

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023