Mahasiswa peserta kuliah kerja nyata (KKN) profesi kesehatan Universitas Negeri Gorontalo (UNG) membentuk kader kesehatan wisata di kawasan Teluk Tomini, Desa Bolihutuo, Kabupaten Boalemo, Provinsi Gorontalo.

Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Kedokteran UNG dr. Vivien Novarina A. Kasim di Boalemo, Selasa mengatakan kawasan Teluk Tomini adalah teluk terbesar di Indonesia yang juga memiliki banyak potensi pariwisata. 

"Pelaku pariwisata di Teluk Tomini sebagian besar adalah masyarakat lokal," ucap Vivien.

Kader kesehatan wisata yang sehari-harinya adalah para pelaku pariwisata diberikan berbagai pelatihan.

Pelatihan itu diantaranya pemberian bantuan hidup dasar (BHD) awam, edukasi kesehatan dasar, pemeriksaan tekanan darah, dan edukasi tentang obat-obatan dasar bagi wisatawan.

Pembentukan kader kesehatan wisata bagi pelaku pariwisata menurut dia sangat penting, karena di daerah wisata dapat terjadi berbagai kecelakaan yang ketika tidak ditolong dengan cepat karena minimnya pengetahuan tentang pertolongan pertama maka akan berakibat fatal.

"Bersama-sama pemerintah desa dan masyarakat, mahasiswa KKN profesi kesehatan juga mendirikan pos Interprofessional Education (IPE) di lokasi wisata Desa Bolihutuo," ujarnya. 

Pos IPE adalah tempat bertugasnya kader kesehatan wisata, sekaligus tempat yang menyediakan fasilitas kesehatan dasar.

Upaya-upaya tersebut diharapkan dapat mendorong kemajuan pariwisata, khususnya di kawasan Teluk Tomini, termasuk Gorontalo.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023