Dua bangunan rumah makan dan toko gorden yang berlokasi di Jalan H.B Jassin Kelurahan Dulalowo Kecamatan Kota Tengah, Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo hangus terbakar, Minggu  malam.

Salah seorang warga, Winarsih Putri mengatakan sekitar pukul 21.20 Wita ia dan keluarga sedang melintas, tiba-tiba melihat ada kobaran api dari bagian depan rumah makan yang jaraknya berdekatan dengan jalan raya.

"Kami di mobil kaget, sehingga langsung menepi dan berhenti karena takut melintas. Lokasi bangunan sangat dekat dengan badan jalan. Apinya sangat cepat membesar," katanya.

Menurutnya, bangunan rumah makan dan toko gorden tersebut, berdiri secara berdempetan dengan jarak yang sangat dekat, sehingga memungkinkan api dengan cepat menjalar ke bagian-bagian bangunan lainnya.

"Apalagi toko gorden, sudah pasti banyak bahan-bahan yang mudah terbakar," ungkapnya.

Sementara itu Koordinataor Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Gorontalo Muhammad Luthfe, Senin, mengatakan saat tiba di lokasi api sudah menyebar ke bagian-bagian bangunan beserta isinya.

"Informasi yang masuk kepada kami itu sebenarnya terlambat, sehingga kami sempat kewalahan memadamkan api yang sudah membesar," kata dia.

Dalam peristiwa itu sebanyak empat unit mobil pemadam kebakaran milik pemerintah kota dan Provinsi Gorontalo, dibantu oleh dua unit mobil milik Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), satu unit mobil milik Palang Merah Indonesia (PMI) dan satu unit mobil water canon milik Sabhara Polda Gorontalo dikerahkan memadamkan api.

"Kami belum bisa memastikan penyebab dan sumber api berasal dari mana, dan itu sementara dalam penyelidikan pihak berwenang," katanya,.

Saat ini pihaknya belum mendapat konfirmasi dari pihak pemilik bangunan terkait berapa jumlah kerugian yang dialami, namun dapat dipastikan selain hampir 100 persen bangunan hangus terbakar, serta satu unit kendaraan berupa sepeda motor.

"Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun hampir seluruh bangunan telah hangus terbakar," imbuhnya.*


Pewarta: Zulkifli Polimengo

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023