PT Pertamina Patra Niaga Fuel Terminal Gorontalo dan Dinas Lingkungan Hidup, Pertanahan dan Perhubungan (DLHPP) Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, sepakat untuk bekerja sama dalam penanganan abrasi melalui penanaman mangrove.

Area Manager Communication, Relations, and CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi, Fahrougi Andriani Sumampouw, di Bone Bolango, Selasa, mengatakan program ncaman abrasi.
penanaman mangrove ini sejalan dengan program utama perusahaan yaitu Hutan Pertamina.

Pihaknya mengambil langkah inisiatif dalam pelestarian lingkungan dengan melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan DLHPP Kabupaten Bone Bolango tentang penanaman bakau.

Upaya kolaborasi ini, lanjutnya, bertujuan mencegah abrasi dan meningkatkan populasi biota laut dangkal melalui inisiatif pemulihan bakau di Desa Tongo, Kabupaten Bone Bolango.

Penandatanganan MoU dilakukan Fuel Terminal Manager Gorontalo, Kadek Dwi Ariyanto dan Kepala DLHPP Bone Bolango Kusno di Kantor DLHPP Bone Bolango. 

"Hutan Pertamina merupakan Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Pertamina dalam upaya konservasi dan reforestasi hutan dengan menanam pohon mangrove dan pohon daratan," ucap Fahrougi.

Ia menjelaskan sudah terdapat lebih dari 4 juta tumbuhan yang ditanam Pertamina melalui program Hutan Pertamina, seperti mangrove, anggrek, dan pohon daratan lain. Kegiatan itu telah memberikan manfaat kepada 4.783 masyarakat dan berkontribusi terhadap pengurangan emisi.

"Selain upaya pencegahan abrasi dan peningkatan biota laut di Desa Tongo dapat lebih berkelanjutan dan memberikan dampak positif terhadap lingkungan, kami pun di Pertamina berfokus pada kontribusi kami dalam penurunan emisi melalui program utama Hutan Pertamina seperti ini," ujar Fahrougi.

Sementara itu Kepala DLHPP Bone Bolango Kusno mengatakan pihaknya mengapresiasi inisiasi PT Pertamina Patra Niaga Fuel Terminal Gorontalo dan berharap berbagai perusahaan lain dapat bersinergi dalam menjaga dan meningkatkan kualitas lingkungan, khususnya dari a

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023