Pemerintah Provinsi Gorontalo dinilai sukses menggelar pelatihan Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD) karena keikutsertaan peserta mencapai 98,8 persen dari target yang ditetapkan.
 
Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil serta Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Gorontalo Zukri Suratinojo di Gorontalo, Sabtu mengatakan salah satu indikator keberhasilan dan kesuksesan pelatihan tersebut terlihat dari keikutsertaan peserta yang mencapai 98,8 persen.
 
"Pelatihan itu diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri bekerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil serta Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Gorontalo," katanya.
 
Pelatihan tersebut dibagi dalam enam angkatan yang berlangsung selama enam minggu, dapat terselenggara dengan tertib, lancar, dan berkualitas.
 
Ia mengatakan dari 657 desa di Gorontalo, 497 desa di antaranya ditetapkan menjadi sasaran pelatihan dengan total peserta sebanyak 1.988 orang.
 
"Alhamdulillah Gorontalo sukses menggelar pelatihan ini dengan tingkat kehadiran yang cukup tinggi. Dari 1.988 peserta yang direncanakan, jumlah yang ikut sebanyak 1.956 atau mencapai 98,8 persen. Sebanyak 982 orang di antaranya atau 50,2 persen adalah peserta perempuan," kata Zukri menutup kegiatan itu di Kota Gorontalo.
 
Selain tingkat kehadiran yang cukup tinggi, indikator keberhasilan lainnya yaitu nilai tes (post test) yang dilakukan setelah peserta mengikuti pelatihan, mengalami peningkatan dibanding hasil sebelum pelatihan (pre test).
 
"Nilai pre test 63 persen, dan meningkat menjadi 79 persen pada post test. Ini menandakan bahwa pemahaman dari peserta dalam pelaksanaan pelatihan ini meningkat," kata Zukri.
 
Keberhasilan tersebut mendapat apresiasi dari Direktur Fasilitasi Lembaga Kemasyarakatan dan Adat Desa, PKK dan Posyandu (FLKADPP) Kementerian Dalam Negeri TB. Chaerul Dwi Sapta.
 
Ia menutup secara resmi pelatihan tersebut secara daring. Menurutnya, kesuksesan penyelenggaraan pelatihan di Gorontalo harus menjadi contoh bagi daerah lain.
 
"Presentasi kehadiran peserta di Gorontalo sangat tinggi, ini menjadi contoh bagi daerah lain. Kesungguhan peserta di Gorontalo luar biasa," kata TB. Chaerul Dwi Sapta.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023