Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Budiyanto Sidiki menjadi pembicara pada kegiatan Pekan Sains dan Teknologi Senat Mahasiswa Fakultas Sains dan Ilmu Komputer Universitas Muhammadiyah Gorontalo, Senin.

Budiyanto mengatakan banyak hal, salah satunya terkait kolaborasi yang selama ini sudah terjalin antara Pemerintah Daerah dengan Perguruan Tinggi.

Menurut pria yang pernah menjabat Kepala Bapppeda Provinsi Gorontalo itu, kolaborasi perguruan tinggi khususnya UMGO diperlukan dalam hal pemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi mendukung Satu Data Indonesia dan Gorontalo Satu Data.

Selanjutnya adalah kolaborasi dalam mempublikasikan dimensi inovasi teknologi yang mendukung pencapaian target-target pembangunan.

"Sebagai contoh Pak Rektor, kita bekerja sama dengan UMGO dalam rangka optimalisasi mahasiswa yang sedang melaksanakan KKN, dalam hal mendorong keberhasilan Gorontalo Satu Data. Kita bicara data, berarti semua pihak harus mampu mewujudkannya termasuk Perguruan Tinggi dan adik-adik mahasiswa sekalian," katanya.

Budiyanto juga memaparkan dukungan Perguruan Tinggi ke Pemda akan sejalan dengan dukungan Pemda ke Perguruan Tinggi.

Keduanya saling mengisi dan saling memerlukan. Kinerja Pemda tidak akan maksimal tanpa dukungan akademisi, begitu juga sebaliknya.

"Ini tujuan kami datang ke sini, berharap kerja sama yang sudah kami bangun terus berjalan dan lanjut dalam beberapa program. Sekali lagi apresiasi yang besar bagi BEM Fakultas Sains dan Komputer yang sudah menggagas kegiatan ini. Mudah-mudahan kegiatan ini terus memacu kreativitas mahasiswa," katanya pula.

Pekan Sains se-Provinsi Gorontalo diikuti oleh mahasiswa sains serta siswa SMA/SMK sederajat. Kegiatan ini diisi dengan Seminar Teknologi dengan tema Revolusi Konten Digital dalam Tinjauan Aspek Hukum di Era Generasi Z.

Narasumber yang dihadirkan adalah Fungsional Prana Humas Ahli Muda dari Diskominfotik Provinsi Gorontalo serta Direktur Reskrimsus Polda Gorontalo.*

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023