Pelaksana Tugas Bupati Bone Bolango Merlan S Uloli menilai pelatihan pelaku adat di desa yang digelar oleh Kecamatan Tilongkabila sebagai momentum melahirkan kader pelaku adat yang baru.

"Saya melihat para pelaku adat sekarang banyak yang sudah berusia senja. Kalau boleh ini diatur dengan batas umur agar masih terlihat sehat," ucap dia pada kegiatan itu di Aula Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Gorontalo di Bone Bolango, Selasa. 

Ia mengakui bahwa menyiapkan kader baru untuk pelaku adat sebagai hal yang hampir tidak pernah terpikirkan.  

Oleh karena itu, dia mengharapkan, pelatihan tersebut bisa dilaksanakan oleh kecamatan-kecamatan lain di Bone Bolango.

Dia juga mengatakan bahwa pemkab harus menyiapkan kader baru untuk menggantikan para pelaku adat senior saat ini.

Ia menilai tidak semua orang bisa melaksanakan pekerjaan sebagai pelaku adat karena pekerjaan itu sebagai panggilan jiwa dan hidayah dari Allah SWT. 

Oleh karena itu, ia mengapresiasi gagasan yang lahir di Kecamatan Tilongkabila terkait dengan pelatihan tersebut.

"Ide dan gagasan ini luar biasa. Saya memberikan apresiasi dan salut untuk anda semua. Olehnya itu pelatihan ini harus diikuti dengan baik hingga selesai," kata dia.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bone Bolango Suleman Panigoro menyatakan bersyukur atas pelatihan pelaku adat di Kecamatan Tilongkabila. 

Menurut dia, pelatihan ini dapat menjawab kebutuhan pelaku adat di Bone Bolango yang selama ini masih mengalami keterbatasan.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023