Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bone Bolango Merlan S Uloli mengajak kader kesehatan di Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, untuk Kampanye Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) kepada para pelajar.

Menurut dia, cuci tangan dengan menggunakan sabun merupakan program yang hampir dilupakan, padahal sangat penting untuk kesehatan dan harus ditanamkan sejak dini.

"Program CTPS ini perlu tingkatkan dan dilaksanakan di sekolah mulai dari PAUD, SD, hingga SMP," ucap Merlan Uloli di Bone Bolango, Kamis.

Ia menegaskan para pelajar harus diajarkan mencuci tangan yang benar dan bersih karena di tangan itu ada berbagai kuman.

Pemimpin perempuan pertama di Bone Bolango itu menginstruksikan Dinas Kesehatan untuk dapat membuat edaran gerakan CTPS di sekolah setiap hari Jumat dengan pendampingan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta puskesmas setempat.

"Keterbatasan anggaran kita ini jangan menjadi alasan untuk kita tidak dapat berkreasi. Gerakan CTPS ini tidak membutuhkan biaya maka ini harus menjadi perhatian," kata Merlan.

Sebelumnya Kecamatan Bulango Utara menggelar Jambore Kader yang dilaksanakan di Lapangan Hijau Kecamatan Bulango Utara.

Bupati berharap pelaksanaan Jambore Kader dalam rangkaian kegiatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59 di Kecamatan Bulango Utara itu, berjalan sukses dan lancar.

Camat Bulango Utara Erna Patuti menjelaskan pelaksanaan kegiatan Jambore Kader digelar dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional ke-59 yang diisi dengan berbagai materi, seperti penguatan kader oleh Dinas Kesehatan dan Puskesmas Bulango Utara.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023