Bulog Cabang Gorontalo menyiapkan persediaan kebutuhan pokok seperti beras, minyak goreng, gula pasir dan terigu untuk mencukupi kebutuhan masyarakat menjelang Natal dan Tahun Baru di Provinsi Gorontalo.

"Menjelang Natal dan Tahun, sejumlah komoditi terus kami siapkan," ucap Kepala Bulog Cabang Gorontalo Munafri Syamsudin di gudang Talumolo, Gorontalo, Selasa.

Ia menjelaskan, saat ini untuk beras medium Bulog Cabang Gorontalo memiliki stok 3.000 ton, beras premium sembilan ton, minyak goreng medium Minyakita 55.535 liter, gula pasir sembilan ton dan tepung satu ton.

"Yang pertama kita harus menjaga harga, jangan sampai nanti menjelang Natal dan Tahun Baru itu terjadi kenaikan harga sehingga kita menyediakan stok dari Bulog," kata Munafri.

Persediaan yang cukup di gudang Bulog kata dia, sebagai upaya pencegahan jika ada distributor yang menaikkan harga dan juga terjadi kekurangan pasokan di pasaran, sehingga dapat menetralisir atau menurunkan harga.

"Banyak juga permintaan dari para mitra atau pengecer untuk saat ini, karena saat Natal dan Tahun Baru kebutuhan komoditi ini ada peningkatan," ujar dia.

Munafri mengungkapkan, komoditi bahan pangan yang tersedia di Bulog, biasa di jual untuk kebutuhan pasar murah, sesuai dengan permintaan dari dinas terkait, contohnya Dinas Pangan.

Untuk harga beras medium Bulog menjual dengan harga gudang Rp9.950 per kilogram, minyak goreng Rp12.200 per liter, gula pasir Rp17.000 dan tepung Rp10.000 per kilogram.

Ia mengimbau kepada masyarakat agar tidak melakukan pembelian berlebihan atau panik, karena bahan kebutuhan pokok masih tersedia.
Seorang pekerja mengangkut minyak goreng dalam dus kemasan di gudang Bulog Cabang Gorontalo di Talumolo, Kota Gorontalo, Gorontalo, Selasa (19/12/23). ANTARA/Adiwinata Solihin

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023