Lembaga Pemasyarakatan(Lapas) Kelas IIB Pohuwato, UPT Kanwil Kemenkumham, Provinsi Gorontalo bekerja sama dengan aparat penegak hukum (APH) menggelar razia kamar hunian dan tes urine narapidana.

Kepala Lapas Pohuwato Irman Jaya melalui keterangan tertulis, Jumat mengatakan kegiatan itu dilakukan untuk memastikan keamanan dan ketertiban di dalam Lapas.

"Kita juga ingin mencegah peredaran barang terlarang di antara warga binaan menjelang akhir tahun," ucap Irman.

Ia menyampaikan bahwa penggeledahan kamar hunian dan tes urine merupakan tindakan preventif yang diambil untuk memastikan keamanan serta mencegah peredaran barang terlarang di dalam lapas.

"Proses penggeledahan ini dilakukan secara sistematis, termasuk penelusuran di tempat-tempat yang mungkin dijadikan tempat penyimpanan barang ilegal," ucap Irman Jaya.

Menurutnya, upaya itu menjadi deteksi dini mengatasi adanya barang-barang terlarang atau benda-benda yang dapat membahayakan gangguan keamanan warga binaan.

"Ini menjadi bagian integral dari upaya pemeliharaan ketertiban dan peningkatan kualitas hidup warga binaan di dalam Lapas menjelang pergantian tahun," kata dia, lagi.

Kalapas menegaskan bahwa tindakan tersebut tidak hanya bersifat penindakan, tetapi juga sebagai bagian dari program pembinaan yang bertujuan memberikan kesempatan kepada warga binaan untuk memperbaiki diri.

"Saya berharap hasil dari razia ini dapat menjadi dasar untuk perbaikan sistem dan peningkatan efektivitas program pembinaan di masa mendatang," ujar dia.

Hasil penggeledahan kamar warga binaan, tim gabungan tidak menemukan benda-benda terlarang baik ponsel maupun narkoba atau sejenisnya.

Namun barang-barang yang berpotensi berbahaya masih ditemukan di beberapa sudut kamar dan blok diantaranya, potongan kayu, gelas kaca, korek api, kaleng bekas, sendok dan sikat gigi dari bahan keras.

Dari hasil tes urine yang dilakukan secara acak terhadap 25 narapidana, yang terbagi atas 17 napi kasus narkoba dan delapan napi kasus pidana umum, menunjukkan bahwa narapidana tersebut dinyatakan negatif dari penggunaan narkotika.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023