Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo, Provinsi Gorontalo menyerahkan honorarium dan pakaian daerah kepada 133 orang pemangku adat di Gedung Kasmat Lahay Convention Center (KLCC) Limboto, Gorontalo, Selasa.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gorontalo Roni Sampir di Limboto, mengatakan kegiatan tersebut sebagai bentuk apresiasi dan dukungan Pemerintah Daerah kepada para pelindung serta penjaga kearifan lokal yang tercermin dalam budaya adat Gorontalo.

"Jumlah pemangku adat yang menerima honorarium dari setiap kecamatan ada tujuh orang, ini diberikan selama satu tahun sesuai dengan anggaran APBD 2024," ujar Roni.

Ia menjelaskan, kegiatan itu dilakukan untuk memastikan keberlangsungan kebudayaan adat istiadat yang berjalan masif di masyarakat, baik di tingkat desa, kecamatan, maupun kabupaten.

Maka untuk menjamin keberhasilan program tersebut, Roni menegaskan, Pemerintah Daerah memberi perhatian pada kesejahteraan mereka sebagai bentuk apresiasi terhadap tanggung jawab yang diberikan.

Selain itu bagi pemangku adat, Pemerintah Kabupaten Gorontalo juga kata Sekda, akan memberikan penghargaan bagi para imam masjid.

"Pemerintah daerah juga akan memberikan penghargaan kepada imam masjid dan mengirim mereka berangkat umrah. Semoga dengan ini masyarakat madani yang dituju dapat berjalan maksimal," harap dia.

Menurut Sekda, komitmen melestarikan budaya dan adat istiadat itu sangat penting, apalagi ada kecenderungan budaya lokal yang mulai tergerus oleh perkembangan zaman.

"Dengan melestarikan budaya ini, kita dapat memastikan agar nilai-nilai budaya tetap ada," katanya.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024