Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo menyebut proses pendistribusian logistik Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak Tahun 2024 di daerah itu berjalan aman dan lancar.

"Kami mengawasi langsung penyaluran logistik di Wilayah pesisir ini, baik di darat, pulau meski harus menyeberang laut. Alhamdulillah seluruhnya rampung dilakukan dengan aman dan lancar," kata Koordinator Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat Bawaslu Gorontalo Utara Fadli Bukoting di Gorontalo, Selasa.

Seperti pengawasan distribusi logistik yang dilakukan di Kecamatan Ponelo Kepulauan dan beberapa Wilayah terpencil lainnya, kata dia, meski cuaca ekstrem melanda daerah itu sejak Minggu (11/2) hingga H-1 pemungutan suara, namun proses tersebut dapat dilakukan dengan lancar dan aman.

Beberapa tempat pemungutan suara (TPS) memang terpaksa harus berpindah lokasi karena terdampak curah hujan tinggi dan terjangan gelombang pasang, namun sejauh ini kondisi tersebut berhasil diatasi.

Pergeseran logistik pun tak luput dari pantauan. "Kami mengerahkan tim pengawas hingga di tingkat TPS untuk mengoptimalkan pengawasan demi mewujudkan pemilu jujur dan adil.

Pihaknya kata Fadli, membagi beberapa tim yang mengawasi seluruh proses distribusi hingga tidak ada satupun yang luput dari pengawasan.

"Pendistribusian di Wilayah pesisir ini dipastikan rampung dan dipastikan aman dan lancar," katanya.

Pihaknya mengimbau kondisi itu dibarengi dengan sikap seluruh peserta pemilu untuk tidak membuat gerakan tambahan yang dapat mengganggu stabilitas keamanan dan ketertiban daerah jelang hari pemungutan suara.

"Kita pastikan tidak ada yang melakukan praktik politik uang, juga memastikan tidak ada wajib pilih yang tidak menggunakan hak suaranya," katanya.

Bawaslu kata dia, terus bertekad bersama mewujudkan pemilu yang aman, jujur, adil dan berkualitas dengan datang ke TPS para Rabu 14 Februari 2024, bergembira menggunakan hak suaranya.***
Bawaslu Gorontalo Utara memantau proses distribusi logistik di Wilayah pesisir bagian Utara Provinsi Gorontalo dalam rangka Pemilu Serentak Tahun 2024. (ANTARA/Susanti Sako)

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024