Center Of Sustain Development Goals (SDGs) Universitas Negeri Gorontalo (UNG) mengelar sosialisasi pengelolaan sampah bersama Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) Kota Gorontalo dan Kelurahan Talumolo di Kawasan Santorini Kota Gorontalo.

Ketua SDGs Center UNG Raghel Yunginger di Gorontalo, Sabtu mengatakan sosialisasi itu bertujuan untuk mengurangi sampah yang ada di kawasan Santorini dan mengajak masyarakat untuk dapat mengelola sampah.

"Kita akan berusaha melakukan pengurangan dan masyarakat yang akan menjadi pelaku utamanya untuk bagaimana cara pengurangan dari sampah rumah tangga," ucap dia.

Ia menjelaskan pihaknya akan terus memberikan dukungan terhadap pengelolaan sampah di wilayah tersebut, dan untuk itu pihaknya melakukan pembentukan struktur pengelolaan bank sampah dan memberikan penguatan dalam pengelolaan sampah kepada masyarakat.

Pihaknya akan terus bekerja sama dengan pemerintah, lembaga swadaya masyarakat (LSM) dan juga mahasiswa untuk melakukan pendampingan kepada masyarakat, memberikan edukasi, kemudian memilah sampah yang bernilai ekonomi.

Ia berharap dari kegiatan ini adanya perubahan cara berfikir masyarakat dalam pengurangan sampah, dan mampu mengelola dan memilah sampah rumahan sehingga sampah di Kota Gorontalo semakin berkurang.

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kota Gorontalo Heru Zulkifli Talib mengatakan kolaborasi itu merupakan hal yang positif dan mampu menangani masalah masyarakat di Kota Gorontalo, khususnya masalah sampah.

Ia berharap masyarakat dapat secara mandiri melakukan pengelolaan produksi sampah, kemudian harapannya juga masyarakat dari aktifitas pengelolaan sampah ini dapat ikut meningkatkan penghasilan secara ekonomi.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024