Sekretaris Daerah (Sekda) Gorontalo Utara Suleman Lakoro mengingatkan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di daerah itu meningkatkan disiplin, khususnya mengikuti apel kerja.

"Saya terpaksa menegur sejumlah ASN yang kedapatan tidak disiplin saat mengikuti apel kerja," katanya usai memimpin apel kerja awal Mei di halaman kantor bupati setempat, Senin.

Menurutnya, sesuai jadwal pelaksanaan apel kerja dimulai pukul 07.15 WITA. Namun hingga waktu tersebut baru ada beberapa pegawai yang hadir. Bahkan setelah apel kerja dimulai, pegawai yang ikut sangatlah minim.

"Saya marah melihat kondisi ini," katanya. Sebab disiplin menggambarkan kinerja yang optimal.

Menurutnya, jika apel kerja saja tidak diikuti, bagaimana dengan pencapaian kinerja.

Ia mengatakan segera memberi peringatan keras kepada seluruh ASN yang dinilai melanggar disiplin. Apalagi apel kerja merupakan salah satu kewajiban ASN yang hanya dilaksanakan sebulan sekali.

"Tidak berat jika kewajiban ini diikuti dengan tertib," ujarnya.

Lanjut, kata Sekda, di setiap pelaksanaan apel kerja awal bulan akan ada penyampaian-penyampaian pimpinan yang sifatnya evaluasi, perintah, dan larangan. "Itu semua harus didengar oleh semua pegawai, sehingga harus disiplin mengikuti apel," katanya.

Ia berharap seluruh ASN tanpa terkecuali untuk meningkatkan disiplin bekerja, termasuk mengikuti apel kerja dan apel harian di setiap kantor.

Bagi yang tidak disiplin tentu akan ada peringatan hingga sanksi. Apalagi apel menjadi salah satu rujukan kehadiran, konsistensi bekerja, dan komitmen dalam meningkatkan kinerja.

"Saya tidak ingin kinerja pemerintah daerah di Tahun Anggaran 2024 ini menurun karena menurunnya kedisiplinan aparatur termasuk dalam mengikuti apel kerja," imbuhnya.
 
Sekda Gorontalo Utara Suleman Lakoro memimpin apel kerja awal Mei Tahun 2024 di halaman kantor bupati setempat, Senin (6/5). (ANTARA/HO-Diskominfo Gorontalo Utara)

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024