Penjabat (Pj) Bupati Gorontalo Utara Provinsi Gorontalo Sila Botutihe mengatakan, pihaknya memprioritaskan kegiatan investasi ramah lingkungan.

"Saya berharap seluruh kegiatan investasi di daerah ini menerapkan ramah lingkungan. Apalagi investasi dalam hal ketahanan pangan ditargetkan dapat terus berlangsung dalam rangka menjaga stabilitas pangan dan kelestarian alam. Sehingga urusan kelestarian alam dan lingkungan dari kegiatan ekonomi makro maupun mikro wajib memprioritaskan kegiatan ramah lingkungan," kata Sila di Gorontalo, Minggu.

Ia meminta seluruh pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan pemerintahan tersebut untuk turut aktif bersama-sama membuka ruang investasi seluas-luasnya. Namun kegiatan investasi wajib ramah lingkungan sehingga tidak menimbulkan kerusakan alam yang berdampak merugikan.

Pemkab, kata Sila, akan terus mendukung akselerasi percepatan investasi dengan pemerintah provinsi hingga pusat, termasuk membuka kerja sama dengan daerah-daerah tetangga di Pulau Sulawesi dan Kalimantan.

"Mengapa Kalimantan? Sebab ada kegiatan permintaan pengiriman ternak sapi potong dari daerah ini ke Pulau Kalimantan. Kita pun yang berada di kawasan Pulau Sulawesi perlu bersatu dan bersama-sama mengembangkan kegiatan ekonomi untuk dapat saling mendukung kemajuan daerah dan Nusantara," kata Sila.

Menurutnya, dengan membuka ruang investasi hijau yang ramah lingkungan maka kelestarian alam akan mudah tetap terjaga.

Apalagi di daerah tersebut terdapat jejeran pulau sebagai objek wisata maupun yang masuk dalam kawasan cagar alam sehingga kelestarian lingkungan perlu dijaga dengan baik.

Sila juga mengimbau agar masyarakat terus memelihara budaya gotong royong dalam membersihkan lingkungan. Serta berkomitmen mengutamakan kegiatan ramah lingkungan agar daerah tetap bersih, asri dan bebas bencana dampak dari kerusakan lingkungan, seperti banjir dan tanah longsor.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024