Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bone Bolango menggelar rapat koordinasi (rakor) dalam rangka evaluasi penyusunan Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP).

Ketua KPU Kabupaten Bone Bolango Sutenty Lamuhu di Gorontalo, Jumat mengatakan kegiatan ini dilasanakan berdasarkan PKPU Nomor 7, tahun 2024, tentang penyusunan daftar pemilih dalam penyelenggaraan pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, serta walikota dan wakil walikota.

"Raker ini juga menjadi evaluasi untuk pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih, pada penyususnan daftar pemilih," kata Sutenty.

Dalam rakor ini kata dia, menghadirkan berbagai pihak terkait yakni, Ketua dan Anggota PPK bidang data pemilih, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, serta Badan Pengawas Pemilihan Umum (BAWASLU) Kabupaten Bone Bolango.

"Kegiatan ini direngkaikan dengan penyerahan penghargaan kepada Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) tercepat dalam pelaksanaan coklit," katanya.

Sementara itu Anggota KPU Kabupaten Bone Bolango Adnan A. Berahim selaku Ketua Divisi Perencanaan Data dan Informasi, mengatakan rakor ini bagian dari persiapan dalam menghadapi DPHP, pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Tentunya kata dia, hal ini menjadi langkah awal KPU Kabupaten Bone Bolango untuk menjamin pelaksanaan Pilkada 2024, sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan.

Karena itu kata dia lagi, ada beberapa hal yang perlu dipastikan secara teliti, seperti sinkronisasi terkait E-Coklit Mobile, E-Coklit Web, sampai pada rekapan manual.

"Selanjutnya sinkronisasidata dilakukan oleh PPK Divisi Data, dengan admin atau operator SIDALIH KPU Kabupaten Bone Bolango," kata Adnan.

Ia juga mengatakan, seluruh rangkaian tahapan demi tahapan yang dilaksanakan, harus dilajukan secara teliti dan profesional, sehingga hal tersebut menjadikan penyelenggaraan Pilkada 2024 di Bone Bolango, sesuai yang diharapkam seluruh pihak.***

Pewarta: Zulkifli Polimengo

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024