Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone Bolango terus meningkatkan elektronifikasi transaksi pemerintah daerah setelah memiliki indeks skor 97,8 persen pada semester dau tahun 2023.

Hal itu diungkapkan Bupati Bone Bolango Merlan Uloli usai menghadiri High Level Meeting (HLM) Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) di Makassar, Sulawesi Selatan, Senin.

"ETPD harus terus dilanjutkan, terus ditingkatkan, termasuk bagaimana menggunakan Kartu Kredit Pemerintah Daerah (KKPD) di tahun 2024," ucap Merlan.

Ia Bupati, tahun 2024 menjadi tahun ke-3 sejak Pemerintah Kabupaten Bone Bolango membentuk Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah sesuai dengan SK Bupati Nomor 56 Tahun 2021.

Hal itu, kata Bupati Merlan, selaras dengan Keputusan Presiden Nomor 3 Tahun 2021 tentang Satuan Tugas Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (Satgas P2DD) dan Permendagri Nomor 56 Tahun 2021 tentang TP2DD Provinsi dan Kabupaten Kota serta tata cara implementasi elektronifikasi transaksi pemerintah daerah.

Bupati berharap nantinya dengan ETPD, tercipta transformasi ekonomi digital dan literasi masyarakat, yang juga akan berdampak pada efisiensi sektor belanja, peningkatan layanan publik dan juga Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Sebagai Ketua TP2DD Kabupaten Bone Bolango kata Merlan, dengan bimbingan Bank Indonesia dan dukungan Bank SULUTGO selaku RKUD serta pihak Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP), meminta kepada Pimpinan OPD dan seluruh unit kerja agar pelaksanaan ETPD di berbagai sektor penerimaan PAD dapat benar-benar berjalan.

Pada gelaran Championship TP2DD tahun 2023, Bone Bolango juga berhasil meraih kabupaten terbaik pada Regional Sulawesi setelah bersaing dengan kurang lebih 69 kabupaten lainnya dalam regional yang sama.

Hal itu menurut Merlan merupakan suatu indikator bahwa elektronifikasi transaksi di Bone Bolango sudah berjalan pada rel yang tepat, baik pajak, retribusi, ataupun sektor belanja.

 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024