Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bone Bolango resmi menetapkan daftar pemilih sementara (DPS) pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024 di Kabupaten Bone Bolango Gorontalo, Provinsi Gorontalo berjumlah 123.057 orang.

Ketua KPU Bone Bolango Sutenty Lamuhu di Gorontalo, Selasa mengatakan jumlah tersebut terdiri dari 61.050 laki-laki dan 62.007 perempuan.

"Ini merupakan hasil rapat pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan DPS tingkat Kabupaten Bone Bolango, pada Pilkada serentak 2024," ucap Sutenty.

Ia mengatakan pemutakhiran data pemilih berawal dari pencocokan dan penelitian yang dilakukan oleh pantarlih, kemudian direkap pada tingkat desa maupun kelurahan, dan berlanjut di tingkat kecamatan, sebelum ditetapkan di tingkat kabupaten sebagai DPS.

Ia berharap, setelah dilaksanakan penetapan DPS, akan mendapatkan masukan dan tanggapan dari masyarakat di Kabupaten Bone Bolango, terkait hasil penetapan DPS itu sendiri.

Hal tersebut bertujuan untuk memastikan keakuratan data dalam rangka persiapan kelancaran penyelenggaraan pemilihan gubernur dan wakil gubernur serta bupati dan wakil bupati Kabupaten Bone Bolango.

"Kami akan terus berkomitmen menyukseskan penyelenggaraan Pilkada serentak tahun 2024," kata dia.

Selain ketua dan anggota KPU Bone Bolango, rapat pleno terbuka ini turut dihadiri oleh Bupati Bone Bolango, Bawaslu, Dinas Dukcapil, Kesbangpol, KIPP Provinsi, Polres Bone Bolango, serta ketua dan anggota PPK yang membidangi divisi data pemilih.

 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024