Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Gorontalo Utara dan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Gorontalo menjalin kerja sama dalam rangka pelaksanaan kegiatan orientasi anggota DPRD kabupaten tersebut.

"Kami telah melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama dengan pihak BPSDM Provinsi Gorontalo dalam rangka pelaksanaan orientasi DPRD yang rencananya akan dimulai pada 28 Agustus 2024," kata Sekretaris DPRD Gorontalo Utara Fahrudin Lasulika di Gorontalo, Selasa.

Kerja sama tersebut mengingat pihak BPSDM Provinsi Gorontalo akan menjadi pelaksana kegiatan orientasi tugas bagi anggota DPRD kabupaten/kota se-Provinsi Gorontalo.

Khusus DPRD Gorontalo Utara akan diikuti oleh 25 anggota DPRD periode 2024 hingga 2029 yang terpilih pada Pemilu Serentak Tahun 2024. Usai dilantik pada 26 Agustus 2024 di lingkungan kantor DPRD setempat, sebanyak 25 anggota DPRD akan mengikuti masa orientasi tersebut.

Tujuannya, kata dia, untuk meningkatkan pengetahuan, kemampuan, keterampilan, sikap, dan semangat pengabdian anggota DPRD dalam melaksanakan tugas pemerintahan daerah dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Kepala BPSDM Provinsi Gorontalo Budiyanto Sidiki usai melakukan penandatanganan kerja sama mengatakan materi pelatihan orientasi tugas anggota DPRD meliputi Pancasila, Undang-undang Dasar 1945, Bhineka Tunggal Ika, NKRI, dan wawasan kebangsaan.

Materi lainnya tentang fungsi, tugas, dan wewenang, serta hak dan kewajiban anggota DPRD, sistem pemerintahan Indonesia, hubungan kerja antara DPRD dan kepala daerah, pembangunan dan pengelolaan keuangan daerah, serta isu-isu aktual di daerah.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024