Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Universitas Negeri Gorontalo (UNG) akan segera membangun gedung kampus yang baru dan bertaraf internasional di Kabupaten Bone Bolango pada Oktober 2016.

"Sebanyak empat fakultas dan satu gedung perpustakaan berkelas akan mulai dipacu pembangunannya sekitar bulan Oktober 2016 mendatang," kata Rektor UNG Prof Dr Samsu Qamar Badu saat menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Bupati Bone Bolango Hamim Pou terkait rencana pembangunan kampus itu, Kamis.

Dari pemaparan rektor, desain kampus baru UNG yang akan dibangun itu menjadi kawasan `eco green`, hal itu terlihat dari rancangan pembangunan mulai dari fakultas dan pembangunan perpustakaan berukuran besar.

Pembangunan kampus baru ini ditargetkan lebih bagus dari kampus yang ada sekarang di Kota Gorontalo.

Menurutnya, Kabupaten Bone Bolango sudah difokuskan untuk mengembangkan sektor pendidikan di Provinsi Gorontalo.

"Bone Bolango sangat ideal menjadi daerah pendidikan, sehingga UNG benar-benar mendukung pembangunan kampus di akhir tahun 2016, khususnya konstruksi sudah mulai jalan," tambahnya.

Bupati Bone Bolango Hamim Pou mengatakan, pemkab telah berinvestasi sekitar Rp20 miliar untuk pembebasan tanah pembangunan UNG di Bone Bolango.

"Ke depan akan ditambah lagi minimal 5 hektar pembebasan tanah maupun lahannya, asal pembangunan kampusnya jalan dulu," katanya.

Bupati berharap pembangunan kampus baru UNG di Kabupaten Bone Bolango bisa lebih menggairahkan dunia pendidikan di kabupaten itu, sekaligus dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

Pewarta:

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2016