Dewan Perwakilan Rakyat Daerah  Gorontalo Utara Provinsi Gorontalo meminta pemerintah daerah setempat agar melakukan gerakan penghijauan di sekitar daerah aliran sungai (DAS).

"Penghijauan DAS sangat penting sebagai salah satu upaya melestarikan lingkungan, termasuk mencegah banjir yang acapkali menjadi langganan di daerah ini," kata Ketua Sementara DPRD Gorontalo Utara, Roni Imran di Gorontalo, Minggu.

Ia berharap pemerintah daerah memberi perhatian yang besar terhadap program penghijauan lingkungan khususnya DAS.

"Penghijauan DAS dari hulu ke hilir merupakan gerakan penting dalam pengelolaan lingkungan. Mengingat beberapa DAS di wilayah tersebut sering meluap saat musim hujan tiba. Contohnya DAS Bubode di Kecamatan Tomilito dan DAS Papualangi di Kecamatan Tolinggula," kata Roni, mengunjungi wilayah DAS Tolinggula.

Keberadaan DAS kata dia, juga berfungsi sebagai pendukung pengelolaan lahan pertanian sebab masyarakat khususnya petani mengandalkan sebagai sumber air bagi lahan pertanian.

Maka pengelolaan DAS yang tepat diyakini mampu menjadi sumber kehidupan bagi alam dan lingkungan sekitarnya.

"Saya harap DAS di daerah ini yang memanjang dari timur ke barat maupun sebaliknya, mendapat atensi besar dalam pengelolaannya baik sebagai sumber kehidupan sebab di bantaran DAS sangat potensial ditanami tanaman tahunan produktif melalui gerakan penghijauan yang dapat dilakukan bersama-sama," katanya.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024