Badan Pusat Statistik (BPS) mencanangkan Desa Molopatodu Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo, menjadi Desa Cinta Statistik atau Desa Cantik tahun 2024.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Kabupaten Gorontalo Darwin Romy Sjahrain, Selasa, mengatakan Desa Molopatodu telah mencatatkan diri menjadi desa keenam yang dicanangkan sebagai Desa Cantik.

"Ini bukan hanya pencapaian untuk Desa Molopatodu, tapi juga seluruh Kabupaten Gorontalo dalam upaya meningkatkan kualitas data statistik sebagai dasar perencanaan pembangunan," ujarnya.

Romy juga menekankan pentingnya transparansi dalam menampilkan data potensi desa.

"Potensi Desa Molopatodu, baik di sektor pertanian, perikanan, atau pariwisata, harus diinventarisasi dan ditampilkan secara jelas. Data ini bukan hanya untuk Pemerintah Daerah, tapi juga bagi masyarakat dan pelaku ekonomi yang tertarik mengembangkan potensi desa," ucap Romy.

la pun mengingatkan bahwa pembangunan desa adalah tanggung jawab bersama. Dengan status Desa Cantik, Molopatodu memiliki potensi besar untuk menjadi desa yang lebih maju dan mandiri.

Plt. Kepala Badan Pusat Statistik Kabupaten Gorontalo Prasaja Arifyanto menjelaskan Desa Cantik merupakan program yang mendorong desa-desa untuk lebih sadar akan pentingnya data dalam pembangunan.

Ia berharap Desa Molopatodu dengan potensi besar di sektor pertanian dan sumber daya alam dapat memanfaatkan status ini untuk mengelola data dengan baik, sehingga pengembangan desa lebih terarah sesuai kebutuhan dan kondisi nyata.*

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024