Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gorontalo menggelar sosialisasi tahapan Pilkada 2024 di Lapangan Karya Isimu, Kecamatan Tibawa, Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo.

Plt Ketua KPU Kabupaten Gorontalo Windarto Bahua, Selasa mengatakan bahwa kegiatan itu dihadiri oleh seluruh anggota PPK dan PPS dari seluruh wilayah Kabupaten Gorontalo, yang bertujuan untuk memberikan informasi menyeluruh mengenai tahapan dan proses Pilkada mendatang.

"Kegiatan ini lebih dari sekadar seremonial dan berfungsi sebagai wadah untuk mensosialisasikan tahapan Pilkada 2024, khususnya mengenai pencalonan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati," ucap dia.

Windarto mengungkapkan bahwa proses verifikasi berkas bakal calon sudah dilakukan dan saat ini pihaknya telah membuka kesempatan untuk tanggapan masyarakat.

Selain sosialisasi tahapan pencalonan, Windarto menyebutkan bahwa KPU Kabupaten Gorontalo juga akan melaksanakan sejumlah tahapan penting lainnya. Ini termasuk perekrutan KPPS, penetapan daftar pemilih tetap (DPT), penetapan bakal pasangan calon (Bapaslon), pengundian nomor urut, dan jadwal kampanye. 

"Tujuannya adalah untuk memastikan transparansi dan partisipasi aktif masyarakat dalam setiap langkah Pilkada, kata dia.

Melalui kegiatan itu KPU Kabupaten Gorontalo berharap seluruh masyarakat mendapatkan pemahaman yang jelas mengenai tahapan Pilkada 2024 dan termotivasi untuk menggunakan hak pilih mereka secara maksimal. 

"Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya besar untuk mendorong demokrasi yang lebih inklusif dan partisipatif di Kabupaten Gorontalo," ia menjelaskan.

Plt Ketua KPU Provinsi Gorontalo Risan Pakaya menyampaikan harapannya untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pilkada 2024. 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024