PT Alpha Gemilang Makmur Tangerang sebagai perusahaan yang memproduksi kemasan/kardus merek ALVAboard, telah menciptakan kotak suara yang lebih aman dan tahan lama untuk penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

"ALVAboard memastikan keamanan surat suara, bahkan dalam kondisi yang ekstrim seperti banjir. Tak hanya itu, jika proses pemungutan suara sudah selesai, kotak suara ALVAboard tidak perlu di packing menggunakan plastik lagi, jadi dapat menghemat penggunaan plastik packing," kata CEO ALVAboard Alden Lukman dalam keterangan tertulis diterima di Tangerang, Kamis.

Ia mengatakan, produk kotak suara ALVAboard yang dibuatnya dinilai sangat kokoh dan tahan terhadap berbagai kondisi distribusi.

Dimana, memungkinkan kotak suara ALVAboard untuk dikirim ke seluruh pelosok Indonesia, baik melalui jalur darat maupun laut, tanpa khawatir akan kerusakan.

Penggunaan kotak suara ALVAboard, disampaikan Alden, pernah digunakan proses Pemilu di London pada Februari 2024.

Tak hanya itu, kotak suara dan bilik suara produknya pernah juga digunakan untuk pemungutan suara Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah dan Tigaraksa, Kabupaten Tangerang.

"Dengan material polypropylene yang berkualitas, kotak suara ALVAboard memberikan keamanan ekstra untuk surat suara. Tidak hanya anti sobek, kotak ini juga tahan air dan tahan rayap, sehingga sangat cocok untuk digunakan dalam berbagai kondisi. Pengalaman penggunaan di London, Kalimantan, dan Tangerang telah membuktikan ketahanannya," ungkapnya.

Ia menambahkan, untuk menjawab tantangan penyelenggaraan Pilkada Serentak di seluruh Indonesia pada 27 November 2024. ALVAboard, berinovasi dengan menciptakan kotak suara yang lebih aman dan tahan lama. Produk ini dirancang khusus untuk menjaga integritas proses demokrasi.

"Dengan menggunakan material polypropylene berkualitas, ALVAboard telah menghasilkan kotak dan bilik suara pemilu yang memiliki ketahanan yang luar biasa terhadap berbagai kondisi, seperti air dan benturan," kata dia.

Diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah mengumumkan bahwa pada Pilkada 2024, sedikitnya 43 daerah di Indonesia akan menggelar pemilihan dengan sistem calon tunggal.

Kendati, hanya ada satu pasangan calon yang bertanding, dan mereka akan berhadapan dengan pilihan 'kotak kosong'

Daerah-daerah tersebut diantaranya tersebar di provinsi Papua Barat, Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jambi, Sumatera Selatan, Bengkulu, Lampung Kepulauan Bangka Belitung, Kepulauan Riau, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Gorontalo, Sulawesi Barat dan Papua Barat.

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024