Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Gorontalo memastikan pemilih dapat dengan mudah mengakses pengumuman daftar pemilih tetap (DPT) dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2024 di seluruh kabupaten dan kota se Gorontalo.

"Seluruh KPU kabupaten dan kota mulai memampang DPT di Wilayah masing-masing. Kita memonitor langsung untuk memastikan masyarakat khususnya pemilih dapat mengakses pengumuman DPT di seluruh desa dengan mudah," kata Ketua KPU Provinsi Gorontalo Sophian Rahmola di Gorontalo, Rabu.

Ia mengatakan monitor DPT pun bertujuan untuk memastikan DPT yang sudah ditetapkan oleh masing-masing KPU kabupaten/kota benar-benar telah diumumkan hingga Wilayah pelosok. Seperti di kabupaten terjauh di Pohuwato.

DPT yang telah ditetapkan oleh KPU kabupaten/kota wajib di distribusi ke seluruh panitia pemungutan suara (PPS) agar secepatnya diumumkan sehingga mudah diakses oleh masyarakat.

"Alhamdulillah khusus di Kabupaten Pohuwato sesuai hasil pemantauan, seluruh DPT telah diumumkan di tempat-tempat yang mudah diakses," katanya.

Saat ini kata dia, tahapan telah masuk pada Daftar Pemilih Tambahan (DPTb). Dalam tahapan ini, para pemilih yang akan melakukan pindah pemilih bisa mendatangi petugas PPS, PPK setempat atau datang langsung ke kantor KPU kabupaten/kota.

"Masyarakat sudah bisa mengurus mulai saat ini jika pada tanggal 27 November nanti ada rencana pindah tempat memilih karena alasan tertentu seperti bertugas di lokasi yang jauh dari tempat pemungutan suara (TPS) tempat terdaftar," katanya.

Total DPT Provinsi Gorontalo mencapai 884.080 pemilih tersebar di enam kabupaten dan kota.***

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024