Gorontalo, (ANTARAGORONTALO) - Bupati Bone Bolango, Hamim Pou telah mengusulkan ke pemerintah pusat untuk lakukan pengadaan jalan usaha tani, guna memudahkan akses kerja para petani di daerah.

Menurut bupati saat mengikuti Rakornas VII Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) 2016 di Hotel Sahid, Jakarta, Kamis (4/8), sudah menyampaikan hal tersebut secara langsung ke Presiden Joko Widodo saat bersalaman di sela-sela Rakornas itu, dan mendapat apresiasi positif.

"Saya sudah sampaikan langsung ke Presiden meski di luar forum, dan ini disambut baik," kata bupati.

Salah satu penyebab adanya inflasi adalah karena faktor produksi panen petani yang kurang maksimal.

Produksi hasil panen yang kurang maksimal ini dipengaruhi oleh kurangnya infrastruktur pendukung salah satunya jalan usaha tani.

Selain itu, bupati juga berencana memanfaatkan kembali lahan-lahan tidur agar lebih produktif untuk sektor-sektor pengembangan komoditi utama warga.

"Bisa ditanami tanaman-tanaman pangan maupun holtikultura yang bisa digarap petani langsung," ujarnya.

Bupati mengaku optimistis bahwa Kabupaten Bone Bolango menuju kecemerlangannya dengan akan berusaha menjaga stabilitas ekonomi dan inflasi di Bone Bolango.

"Saya berharap banyak pada Presiden Joko Widodo. Tadi sudah saya bisikkan kepada beliau perihal peningkatan kesejahteraan petani dan produksi hasil pertanian. Salah satunya saya mendorong adanya jalan usaha tani itu," katanya.  

Pewarta:

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2016