Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo siap mendukung instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi), terkait pemberantasan pungutan liar (pungli) yang dilakukan oknum tidak bertangungjawab kepada masyarakat.

Menurut Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, Jumat, bahwa dirinya usai mengikuti rapat koordinasi Gubernur se Indonesia dengan Presiden, langsung mengambil langkah sosialisasi ke instansi pemerintah dan masyarakat.

"Saya juga meminta kepada masyarakat, agar turut serta menjadi pengawas dan melaporkan jika ada badan atau instansi serta lembaga pemerintah lainya, yang coba-coba ada pungli di luar biaya yang sewajarnya, untuk segera melaporkan hal tersebut," kata Rusli.

Dijelaskan bahwa dalam rapat kerja dengan Presiden, dengan tegas meminta pemerintah daerah untuk mendukung langkah pemberantasan pungli, karena berdampak langsung pada masyarakat, serta mengganggu jalannya roda perekonomian.

Selain itu, Presiden juga meminta agar pemerintah daerah harus hadir di tengah-tengah masyarakat, tidak boleh lagi ada masyarakat yang tidak sekolah, tidak mendapat pelayanan kesehatan.

"Alhamdulillah kita di Gorontalo sudah menjalankan semua instruksi tersebut, salah satunya melalui program pemerintah provinsi yaitu Pendidikan gratis, kesehatan gratis," ujar Rusli.

Sebelumnya Presiden telah menandatangani Peraturan Presiden No.87 Tahun 2016 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar yang mengatur upaya pemberantasan pungli secara terpadu.

Pewarta: Farid

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2016