Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo menekankan bahwa, gerakan menanam pohon yang dilakukan di tiap desa dan kecamatan jangan hanya seremonial saja.

"Pohon yang sudah ditanam, jangan sampai tidak dirawat dengan baik. Jika tidak ada gerakan perawatan pohon yang sudah ditanam,maka gerakan ini dianggap "seremonial saja," tegas Bupati Nelson Pomalingo saat pelaksanaan gerakan `Kambungu Beresi` putaran ke-24 di Desa Pilohayanga, Ahad.

Bupati menjelaskan, menanam pohon atau sejenis dimanapun area yang akan menjadi tempat penanaman, harus tetap mengacu pada sistem penanaman yang tepat agar mendapatkan hasil yang maksimal.

"Kedepan saya ingatkan, kecamatan dan desa yang sudah pernah kita lakukan penanaman akan kita tinjau dan evaluasi, ada perawatan dari masyarakat atau tidak," lanjut Bupati.

Bupati berharap, komunitas Gerakan Kambungu Beresi selalu berkoordinasi dengan dinas terkait dalam pemilihan jenis pohon yang akan ditanam serta teknik penanamannya.

Baik desa maupun kecamatan menjadi lokasi Gerakan penanaman pohon, harus juga memilih satu jenis pohon saja di setiap desa.

"Bisa juga memilih pohon produktif, yang nantinya dapat digunakan manfaatnya oleh masyarakat dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat," tutup Bupati.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2016