Gorontalo,(ANTARA GORONTALO) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo, Provinsi Gorontalo mencanangkan penanaman 5.000 pohon jabon di Kecamatan Tabongo, Minggu.

Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo mengatakan, hal tersebut merupakan komitmen daerah untuk mengatasi masalah lingkungan dan meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Ini adalah salah satu program kami sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan dan kami akan gencar melakukan gerakan menanam," kata bupati Nelson.

Bupati Nelson Pomalingo juga memberikan apresiasi kepada Pemerintah Desa, kecamatan dan masyarakat yang turut serta menyukseskan program tersebut.

Menurutnya, pohon jabon sangat cocok untuk dikembangkan karena berpotensi sebagai investasi jangka menengah. Pohon jabon merupakan pohon yang memiliki tingkat pertumbuhan yang sangat cepat.

Hanya dibutuhkan 4-5 tahun saja untuk menghasilkan bahan kayu. Bahkan nilai ekonomi jabon terbilang tinggi, karena hampir 100 persen dari bagian pohonnya bisa dimanfaatkan oleh industri.

"Target kami tahun ini penanaman lima juta pohon. Target inipun sangat beralasan, karena kita akan bangun pabriknya di sini, hasilnya bisa kita panen dan kita pasarkan," ia mengungkapkan.

Bupati Nelson Pomalingo juga meminta kepada para aparat desa dan kecamatan untuk mengembangkan tanaman jabon untuk kesejahteraan masyarakat.

"Dana yang dihasilkan dari tanaman jabon ini, tentunya bukan menjadi milik Bupati, Camat atau Kepala Desa, tetapi dana ini tentunya bisa membantu masyarakat. Masyarakat miskin kita akan bantu dalam rangka menunjang mereka melanjutkan studi dan sebagainya," kata Nelson, lagi.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017