Gorontalo, (Antara) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, menyalurkan bantuan mesin katinting kepada nelayan di seluruh kecamatan, seperti lima unit yang diserahkan Bupati Indra Yasin kepada nelayan tangkap Desa Bulango Raya, Kecamatan Tomilito.

Bupati mengatakan total nelayan tersebar di 11 kecamatan mencapai 3.700 orang.

SEbanyak 1.884 nelayan diantaranya adalah nelayan tradisional, serta 1.139 nelayan tidak memiki perahu, di mana sebagian kecil lainnya adalah buruh kapal penangkap ikan.

Sementara nelayan pengguna "Jukung" atau perahu kurang dari empat meter, ada 16 nelayan dan 729 nelayan melaut menggunakan perahu tanpa motor.

Kondisi para nelayan di daerah ini kata Bupati Indra, membuat pemerintah daerah terus menggulirkan bantuannya agar produksi perikanan tangkap maupun budidaya akan terus meningkat.

Mengingat sektor perikanan merupakan unggulan di daerah ini dengan potensi mencapai 640 ribu ton/tahun.

"Pemerintah daerah berharap, bantuan alat tangkap, mesin dan bantuan perikanan lainnya akan memotivasi nelayan di daerah ini agar fokus mengelola sumber daya laut yang dimiliki," ujar Bupati.

Selain mesin katinting, pemerintah daerah pun menyalurkan 100 unit pelampung kepada para nelayan untuk memastikan mereka aman saat melaut.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017