Gorontalo,(ANTARA GORONTALO) - Vice District Governor Lion`s International Foundation (LIF) Peter Gozal menyerahkan bantuan alat kesehatan mata, seperti fundus terminal camera, mesin laser fotokoalgulasi pascal, Trial Lens Set, di Rumah Sakit Aloe Saboe (RSAS) Gorontalo.

Alat itu bernilai total Rp1,5 miliar dan difungsikan sebagai tindakan operasi mata.

Peter Gozal, Kamis, mengatakan, bantuan alat kesehatan yang diberikan di RSAS Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo, adalah yang terbesar dari daerah lain di pulau Sulawesi, dari empat lokasi yang direncanakan.

"Dengan bantuan itu, kami mengharapkan Kota Gorontalo bisa menekan angka kebutaan. Bahkan kami juga mengharapkan bisa menekan angka kebutaan di Sulawesi," katanya, Kamis.

Sementara itu Ketua Persatuan Dokter Mata Indonesia (Perdami) Sulawesi Selatan, Habibah S Muhiddin mengatakan, mereka bekerjasama dengan LIF karena prihatin dengan kebutaan yang dialami masyarakat Indonesia.

RSAS Kota Gorontalo juga menjadi pilihan, karena di sana sumber daya manusia (SDM) dokter mata sudah mumpuni.

"Kami biasanya memilih rumah sakit skala provinsi. Karena Kota Gorontalo memiliki SDM, maka pilihan RSAS menjadi pilihan utama untuk disalurkan alat operasi mata," katanya.

Direktur RSAS Kota Gorontalo, Andang Ilato menambahkan, bantuan dari Perdami sudah kedua kalinya. Pertama mereka mengembangkan SDM lewat pemanfaatan alat Pico.

Ia juga mengatakan, RSAS Kota Gorontalo memiliki dua dokter spesialis mata. Jumlah itu dirasa sudah mencukupi kebutuhan untuk menangani masalah kebutaan di Gorontalo.

"Saya berharap adanya alat operasi mata bisa membantu penyembuhan penderita kebutaan yang ada di Gorontalo dan warga lain dari luar daerah yang ingin mendapatkan kesembuhan mata," tutupnya.

Pewarta: Febriandy Abidin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017