Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Wakil Bupati (Wabup) Pohuwato Amin Haras mengajak masyarakat untuk terus berjuang menjadi pahlawan bagi negeri ini, lingkungan, masyarakat dan diri sendiri.

"Mari kita terus memaknai Hari Pahlawan dengan berbagai kegiatan dan perilaku yang mencerminkan jiwa kepahlawanan," ujarnya, Jumat.

Ia menjelaskan, setiap tanggal 10 November seluruh bangsa Indonesia memperingati Hari Pahlawan, mengenang para pendahulu, pahlawan dan perintis kemerdekaan, para pendiri Republik Indonesia.

"Dengan segenap pemikiran tindakan dan gerakan perjuangan kolektif mereka lakukan, sehingga saat ini kita semua bisa menikmati hidup di bumi Indonesia sebagai bangsa yang merdeka bangsa yang sederajat dengan bangsa lain," ungkapnya.

Perjuangan para pahlawan membuat kita menjadi bangsa yang menyadari tugas sejarahnya untuk menjadikan kemerdekaan sebagai jembatan emas bagi terwujudnya Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

"Para pendiri bangsa mengabarkan pesan penting kepada kita yaitu setelah kemerdekaan diraih maka tahapan selanjutnya yakni berdaulat adil dan makmur, oleh karena pesan fundamental itulah peringatan hari pahlawan 10 November tahun 2017 ini kita mengambil tema Perkokoh Persatuan Membangun Negeri," ungkap dia.

Amin Haras menjelaskan bahwa dalam era kemajuan global seperti saat ini, negara-negara Asia dianggap sebagai kutub-kutub baru kemajuan peradaban dunia.

"Oleh karena itulah persatuan Indonesia bukan hanya sebuah imperatif yang harus kita rawat sebagai suatu bangsa, namun lebih dari itu persatuan Indonesia adalah sebuah prasyarat bagi kita menjadi bagian dari kekuatan yang tengah tumbuh," ujarnya, lagi.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017