Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, memfasilitasi pembangunan pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) tipe D di Kecamatan Anggrek.

"Pemerintah daerah berharap pangkalan Lanal tersebut terealisasi maka pembangunannya difasilitasi agar mudah dan lancar. Termasuk menyiapkan kunjungan Panglima Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksda TNI Didik Setiyono di daerah ini dalam waktu dekat, untuk peletakkan batu pertama pembangunan markas tersebut," ujar Bupati Indra Yasin, Selasa di Gorontalo.

Pemerintah daerah memfasilitasi hibah lahan pembangunan markas tersebut kata Bupati, untuk mendorong percepatan pembangunannya.

Baca Juga : Warga Pedalaman di Gorontalo Utara Berharap Pemerintah Tingkatkan Infrastruktur Jalan

Ia pun mengaku, telah melakukan rapat bersama jajaran pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD), melibatkan unsur terkait, termasuk Danlanal Gorontalo, pemerintah kecamatan Anggrek, tokoh adat dan masyarakat, agar kegiatan tersebut berjalan lancar dan sukses.

Beberapa perubahan rangkaian penyambutan harus segera disesuaikan, kata Bupati, sebab sebelumnya peletakkan batu pertama pembangunan tersebut direncanakan dilakukan Kepala Staf Angkatan Laut RI.

Namun perubahan-perubahan itu tidak menjadi masalah, sebab pemerintah daerah bisa menyesuaikannya dengan cepat.

Tingginya upaya kesiapan pemerintah daerah kata Bupati, targetnya agar pembangunan markas Lanal di wilayah itu dapat dipercepat dalam mendukung keamanan di kabupaten yang dirancang menjadi Kota Maritim baru di Gorontalo.

"Serta keberadaan markas Lanal diharapkan berdampak bagi generasi muda di daerah ini agar lebih mudah bergabung dalam proses penerimaan Bintara TNI AL, yang akan memprioritaskan putra asli daerah ini," ujar Bupati.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018