Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Kelompok Koperasi nelayan Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo, menerima bantuan kapal untuk menangkap ikan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan, Jumat.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gorontalo, Hadijah U Tayeb menjelaskan bahwa bantuan tersebut diberikan kepada lima koperasi nelayan di daerah itu.

"Untuk empat koperasi mendapatkan enam unit kapal 5 gross ton (GT), enam unit 10 GT, dan dua unit 20 GT. Selain itu ada bantuan dua unit `ice flake machine`," ujar Hadijah.

Ia menjelaskan bahwa yang mendapat bantuan koperasi perikanan Putra Bahari di Desa Bongo, Koperasi Warga Sejahtera Desa Tontayuo, Koperasi Tani Nelayan Biluhu Barat, Koperasi Jaya Bersama Iluta.

"Alhamdulillah awal tahun ini kita mendapatkan bantuan dan sebelumnya juga sudah banyak Dana Alokasi Khusus (DAK) maupun APBD yang dialokasikan untuk bidang perikanan tangkap," jelasnya.

Hadijah menuturkan bahwa panjang pantai di daerah itu sekitar 70 km dan sangat potensial untuk perikanan tangkap.

"Insya Allah dengan adanya bantuan ini dapat semakin meningkatkan hasil tangkapan nelayan yang ada di Kabupaten Gorontalo," harapnya.

Untuk bantuan kapal, semua daerah di kabupaten/kota se-Provinsi Gorontalo, KKP telah menyerahkan sebanyak 23 unit kapal terdiri atas 12 unit kapal kapasitas 3 GT satu unit kapal 5 GT, enam unit 10 GT, dan empat unit kapal 30 GT.

Pada tahun 2017, sebanyak 34 unit terdiri atas 16 unit 5 GT, 11 unit 10 GT, lima unit 20 GT, dan dua unit 30 GT. Total ada 57 unit, yang tersebar di semua Provinsi Gorontalo.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018