Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo, Provinsi Gorontalo, membangun Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) komunal bagi 114 kepala keluarga (KK) di Desa Bulila, Kecamatan Telaga.

Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo saat meresmikan IPAL tersebut, Minggu, mengatakan saat ini masyarakat tidak perlu resah untuk pembuangan air limbah rumah tangga dan lainnya.

"Kini masyarakat dapat memanfaatkan IPAL komunal ini, Kecamatan Telaga adalah daerah penyangga dan pintu gerbang Kabupaten Gorontalo, sehingga beberapa hal terus kita benahi," ujarnya.

Pada peresmian itu juga, Bupati menyerahkan bantuan 27 unit tong sampah serta kendaraan roda tiga pengangkut sampah.

Sementara itu Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman Rakyat Kabupaten Gorontalo, Syamsul Baharuddin menambahkan IPAL di Desa Bulila merupakan yang kedua diresmikan setelah di Keluruhan Kayubulan.

"Selain IPAL, kita juga melakukan kegiatan fisik berupa pembangunan jalan paving sepanjang 85 meter di Desa Bulila," kata Syamsul.

Ia menjelaskan bahwa saat ini Pemerintah Kabupaten Gorontalo terus berupaya untuk menyelesaikan target sanitasi yang layak bagi masyarakat.

Pemkab Gorontalo juga akan membangun pasar buah dan pusat kuliner di Kelurahan Telaga dengan anggaran Rp1,5 miliar.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018