Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo, Provinsi Gorontalo meluncurkan "Mobile Gemilang" yaitu perpustakaan keliling berbasis teknologi informasi (TI).

Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo, Senin, mengatakan ilmu pengetahuan adalah jendela ilmu untuk kemajuan dan peradaban yang harus terus dikembangkan.

"Pemerintah akan terus mendorong fasilitas-fasilitas pendidikan yang ada di sekolah hingga ke depan agar semakin berkembang," ujar Nelson.

Ia menjelaskan bahwa perpustakaan di daerah itu juga akan dibenahi baik perpustakaan keliling dan tidak.

"Selain sarana dan prasarana, kita juga akan melengkapi buku serta konten-konten perpustakaan," jelas Nelson.

Pelayanan perustakaan juga kata Nelson sangat penting dan pihaknya terus melakukan sosialisasi dan juga pembinaan kepada para pustakawan serta peningkatan sumber daya manusia.

"Sosialisasi ini diharapkan lebih pada keseriusan perpustakaan keliling turun ke lapangan. Kehadiran perpustakaan keliling juga harus ditempatkan di lokasi yang padat masyarakat seperti di taman-taman, pasar, terminal dan sebagainya," jelasnya.

Untuk mencapai berbagai peningkatan tersebut, menurut Bupati perlu adanya kerja sama dari berbagai unsur, seperti guru hingga pemerintah desa.

"Sosialisasi perpustakaan juga harus terus dilakukan dengan melibatkan media massa, baik cetak, radio, elektronik maupun daring agar cita-cita membangun daerah dalam pengembangan sumber daya manusia melalui minat baca akan terwujud," pungkasnya.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018