Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gorontalo Utara Provinsi Gorontalo menyerahkan ribuan alat peraga kampanye (APK) dan bahan kampanye kepada petugas LO atau penghubung tiga pasangan calon peserta Pemilihan Kepala Daerah 2018.

"Sebanyak 384 APK dan 8.350 bahan kampanye sudah diserahkan kepada masing-masing tim dari ketiga paslon," ujar Ketua KPU Kabupaten, Fadliyanto Koem, di Gorontalo, Rabu.

Akhir pekan ini akan dibagikan tambahan 5.750 bahan kampanye.

Fadliyanto mengatakan KPU memastikan APK yang diserahkan tidak mengalami perubahan jumlah.

Sedangkan untuk baliho, masing-masing paslon disediakan lima buah untuk dipasang di lima titik.

Begitu juga untuk umbul-umbul dan spanduk, jumlahnya sebanyak 123 untuk setiap paslon yang akan dipasang di 123 titik yang telah disepakati.

Sedangkan bahan kampanye yang akan disebar mengalami perubahan jumlah.

Pada penyampaian sebelumnya, pihak KPU akan menyiapkan 25 ribu bahan kampanye untuk masing-masing paslon setiap jenisnya, namun setelah disesuaikan dengan rencana kegiatan anggaran (RKA), ternyata 25 ribu tersebut akumulasi dari tiga paslon.

"Maka KPU membagi ulang dan mendapatkan, setiap paslon hanya mendapatkan 8.333 ribu bahan kampanye, yang digenapkan menjadi 8.350," jelas Fadliyanto.

Keputusan tersebut kata ia, telah dikonsultasikan ke pihak KPU RI yang juga menyatakan bahwa untuk anggaran pencetakan bahan kampanye, setelah dihitung ulang ternyata jumlahnya cukup besar.

Pihak KPU Kabupaten pun menggelar rapat ulang yang memutuskan penambahan bahan kampanye dari 8.333 karena dinilai terlalu kecil, kemudian ditambahkan lagi sebanyak 5.750 untuk setiap paslon.

Untuk pemasangan APK, pihak KPU bertanggung jawab memasangkannya sebagai wujud komitmen penyelenggaraan kampanye.

Sedangkan untuk bahan kampanye diserahkan ke masing-masing paslon untuk disebar sendiri.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018