Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Gorontalo bersama Kabupaten Gorontalo Utara, akan selidiki penyebab menumpuknya sampah sepanjang pantai Baruga, Desa Malambe, Kecamatan Ponelo Kepulauan.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala DLHK Provinsi Gorontalo Bambang Trihandoko menjelaskan pihaknya bersama dengan BLH Gorontalo Utara akan melakukan penyelidikkan atas laporan penumpukan sampah tersebut berasal dari mana.

"Setelah melakukan koordinasi dengan pihak BLH Gorontalo Utara, kami akan melakukan penyelidikkan terhadap adanya laporan penumpukkan sampah di Malambe," jelasnya.

Selain menyelidiki penyebab datangnya tumpukan sampah tersebut, DLHK Provinsi Gorontalo juga akan melakukan "Grebek Sampah" bersama dengan masyarakat setempat, agar lokasi itu benar-benar bersih.

"Di samping melakukan peninjauan lokasi, kami juga akan melakukan "Grebek Sampah" bersama para masyarakat setempat dalam upayah pengurangan jumlah sampah yang menjadi masalah di daerah tersebut," tuturnya.

Ia menambahkan, nanti setelah adanya peninjauan, DLHK Provinsi Gorontalo juga akan melakukan rapat bersama pihak terkait membahas masalah sampah tersebut, rapat ini melibatkan juga Dinas Pekerjaan Umum dan Dinas Pariwisata Gorontalo Utara, serta pihak terkait lainnya membahas masalah sampah kiriman tersebut serta cara penanganan sampah kepulauan tersebut.

Bambang menambahkan, pihaknya juga telah melakukan kerja sama dengan pihak PT. Perusahaan Listrik Negara Persero (PLN) dalam rangka peninjauan sampah di Malambe.

"Jadi pihak PLN Persero akan bersama-sama dengan kami untuk melakukan peninjauan, mereka juga akan memberikan bantuan berupa gerobak sampah yang nanti akan digunakan pada kegiatan "Grebek Sampah" bersama masyarakat," tutupnya.

Baca juga: Gubernur Gorontalo Minta BPOM Rajin Sidak

Pewarta: Siti Hardianti

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018