Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, siap menyambut kunjungan tim Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di daerah itu, yang dijadwalkan pada pekan depan.

Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris Daerah Gorontalo Utara, Sofyan Djaidjun, Jumat, di Gorontalo, mengatakan, kunjungan KPK merupakan kegiatan bersifat koordinasi dan supervisi dalam rangka pencegahan tindak korupsi.

Ia mengatakan, sesuai Undang-undang nomor 30 tahun 2002 tentang komisi pemberantasan tindak pidana korupsi dan menindaklanjuti surat KPK kepada pemerintah daerah tentang rencana aksi program pencegahan dan penindakan korupsi terintegrasi.

Maka pihak KPK RI, akan menyelenggarakan kegiatan monitoring dan evaluasi rencana aksi implementasi pemberantasan korupsi terintegrasi di daerah itu.

Pemerintah daerah kata Sofyan, telah menggelar rapat koordinasi untuk mempersiapkan kunjungan tersebut.

"Rapat koordinasi untuk kesiapan kunjungan pihak KPK dalam mengevaluasi dan monitoring kinerja pemerintah daerah," ujarnya.

Informasinya kata Sofyan, pihak KPK akan mengevaluasi sejumlah kelompok kerja (Pokja) pelaksana rencana aksi pemerintah daerah, untuk mengetahui sejauh mana kemajuan rencana aksi terhadap implementasi pemberantasan korupsi terintegrasi di daerah ini.

Diakuinya, pemerintah daerah mendukung penuh kunjungan itu dan menyiapkan seluruh keperluan kegiatan evaluasi, termasuk penyambutan tim KPK RI di daerah ini.

Rakor pun mengamanatkan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait kesiapan Pokja, khususnya penyiapan seluruh dokumen dan laporan yang diperlukan khususnya pelaksanaan pembangunan dan pemerintahan di daerah ini.

 

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018